Kepolisian Rapatkan Barisan Amankan Pilkada serentak 2020 dengan adakan FGD

  • 09 September 2020
  • 08:00 WITA
KPU Kab. Klungkung

Semarapura, kpu-klungkungkab.go.id - Kepolisian Daerah Bali serius untuk melaksanakan pengamanan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di enam Kabupaten/Kota yang akan mengerahkan seluruh jajaran. Hal ini terungkap karena Kepolisian Daerah (Polda) Bali adakan Focus Group Discusion (FGD) Selasa (8/9/2020) bertempat di Ruang Rapat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Hadir dalam kesempatan tersebut sebagai peserta Anggota Kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan PAM Swakarsa ini mengambil tema Serginitas Polri, dengan Satpol PP, PolSus, PAMSwakarsa, dalam mengujudkan Harkamtibmas guna mendukung dan mensukseskan pilkada serentak tahun 2020.

Sedangkan tampak sebagai narasumber: Ajun komisaris Dra. Herini Humas Polda Bali, Luh Putu Sri Widyastini, ST., M.Si. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bali dan Wayan Wirka, SH Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Bali.

Dra. Herini dalam kesempatan tersebut lebih banyak mengedepankan sosialisasi pencegahan covid 19, tugas, kewenangan serta fungsi anggota polri dalam pilkada.

Anggota KPU Provinsi Bali yang menggawangi Teknis Pemilu Luh Putu Sri Widyastini menjelaskan secara runut dasar hukum pada pagelaran pilkada serentak 2020 yang pelaksananya di enam Kabupaten/Kota yakni Karangasem, Badung, Bangli, Tabanan, Jembrana dan Kota Denpasar. Selain itu Luh Widiastini juga paparkan tahapan yg sedang berlangsung saat ini yakni pencalonan yang mana semua bakal calon yang mendaftar sebanyak 2 pasang kecuali Kabupaten Badung masih 1 Bakal Pasangan Calon dan sekarang sesuai diatur dalam Undang Undang maupun PKPU, proses lebih lanjut. Selain itu juga sempat dipaparkan mengenai bagaimana metode kampanya, debat publik, pelaporan dana kampanya dan proses gugatan di MK dan yang paling penting saat pungut hitung serta penetapan calon terpilih sesuai yg diatur didalam PKPU terbaru.

Lain halnya dengan Anggota Bawaslu Provinsi Bali Wayan wirka lebih banyak membahas tentang tugas, kewenangan bawaslu serta bagaimana langkah pengawasan Kabupaten Klungkung sebagai daerah penyanggah pelaksana Pilkada, ini bisa dilakukan jika ada baliho calon kepala daerah kab/kota yang menyelenggarakan Pilkada dan terpasang di wilayah hukum Kabupaten Klungkung akan menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Satpol PP melaksanakan penertiban berdasarkan perda ataupun perbup yg berlaku. Kesemuanya ini disampaikan Divisi Teknis Pemilu Kabupaten Klungkung I Gde Suka Astreawan yang turut hadir dalam kesempatan tersebut. Kegiatan yang diakhiri dengan diskusi oleh seluruh peserta ini banyak berharap agar dalam Pilkada yang hari pemungutan suaranya 9 Desember 2020 ini berjalan aman, damai dan sukses serta partisipasi masyarakat meningkat dan sesuai protokol kesehatan cegah Covid-19. (putras)

Komentar