KPU Klungkung Terus Genjot Mutarlih

  • 28 Januari 2021
  • 13:15 WITA

 

KPU Klungkung menyadari kalau peristiwa kependudukan dan atau data pemilih sangat dinamis.Ada kelahiran, kematian, mobilitas( datang dan keluar) penduduk, hilangnya hak pilih karena jadi anggota TNI/ Polri dan sebaliknya maka tercatat sebagai pemilih baru, faktor bencana alam dan lain- lain. Karena demikian, untuk mendapatkan data pemilih yang lebih valid saat hajatan pesta demokrasi, KPU Klungkung ini senantiasa melaksanakan pemutakhiran data pemilih (mutarlih) berkelanjutan, dilakukan setiap bulan dan diplenokan.Sebelum diplenokan Divisi Data melakukan penyisiran data tersebut ke pelosok desa di empat kecamatan yakni Kecamatan Nusa Penida, Dawan, Klungkung dan Kecamatan Banjarangkan. Hasil penyisiran di-plenokan. Seperti yang dilakukan KPU, Kamis (28/1) di ruang rapat setempat, melaksanakan rapat pleno mutarlih menghadirkan parpol (LO parpol) serta Bawaslu, Disdukcapil, Kodim 1610 dan Polres Klungkung.

Adapun data pemilih yang tersaji per- Januari 2021 ini yakni total pemilih 158.178 orang dengan rincian 78.307 laki- laki dan 79.371 perempuan. Data tersebut dipaparkan Divisi Data, Sang Ayu Mudiasih.Dia menjekaskan ada sejumlah desa dan kelurahan masih luput dari penyisiran dan bakal disusul bulan depan.

Ketua Bawaslu Klungkung diwakili Cokorde Parta Wijaya mengatakan. Menekankan kembali cegah dini terhadap potensi nadalah terkait pemutakhiran data pemilih. Acara itu dibuka Ketua KPU , Gusti Lanang Mega Saskara. Mega Saskara memaparkan panjang lebar soal mutarlih.Dari data pemilih tak menenuhi syarat ( TMS) juga yang berpotensi sebagai pemilih (umur 17 tahun ke atas) dan lainnya.Hadir komisioner lainnya, Wayan Sumerta, Ida Bagus Nyoman Barwata dan Gede Suka Astreawan.Acara diakhiri dengan penyerahan data pemilih kepada masing- parpol dan Bawaslu serta.(sumerta)

Komentar