KPU Klungkung Tata Arsip Pemilu

  • 15 Februari 2021
  • 09:35 WITA

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klungkung kini gencar melakukan penataan arsip tentang Kepemiluan (Pemilu 2014 ) dan Pemilihan Bupati Klungkung tahun 2013.

Pada Senin ( 15/2) KPU terdiri dari komisioner menyetujui kegiatan penataan arsip dimaksud dalam rapat yang dipimpin Ketua KPU setempat, Gusti Lanang Mega Saskara. Setelah dibuka lanjut dilakukan pemaparan dari Kasubag Keuangan Umum dan Logistik, Ida Bagus Made Weda sebagaimana tertuang dalam PKPU 17/ 2016 tentang jadwal retensi arsip substantif dan fasilitatif non kepegawaian dan non keuangan KPU. Kasubag menjelaskan dari sisi perlakuan ada dua macam arsip yakni arsip yang dimusnahkan dan arsip yang permanen. Namun demikian arsip yang dimusnahkan juga ada masa inaktif yaitu masa simpan minimal suatu jenis arsip pada unit kearsipan. Sedangkan arsip permanen yakni arsip yang memiliki nilai guna skunder atau nilai guna permanen , wajib diserahkan kepada lembaga kearsipan seperti Kantor Arsip Daerah ( Arda)sebagai bukti pertanggungjawaban nasional sesuai lingkup fungsi dan tugas masing- masing organisasi.

Ketua KPU Lanang Mega Saskara berharap agar sekretariat dan komisioner bekerja intensif baik secara bersama dan sesuai tupoksi masing- masing agar dapat menata arsip KPU setempat dengan baik.Produk- produk hukum seperti keputusan tentang Pemilu dan Pilkada agar dilakuan penelusuran terkait dokumen tersebut untuk disimpan bagi yang ." Mari kita kita kerja bersama- sama dalam penataan arsip ini.Kami percaya teman- teman memahami tugasnya", ujarnya seraya menambahkan pentingnya arsip tentang suatu peristiwa ", ujaynya.

Hadir Komisioner lainnya, Wayan Sumerta, Gede Suka Astreawan, Ida Bagus Nyoman Barwata dan Sang Ayu Mudiasih.Sedangkan dari sekretariat ikut Kasubag Tekhnis Komang Twina Oka, Gede Rudy Tanaya dan Ida Bagus Made Weda.( Sumerta)

Komentar