KPU Klungkung Ajak Kader Golkar Aktif Rekam KTP Elektronik

  • 17 Desember 2016
  • 18:00 WITA

Peran Partai Politik dalam mensukseskan Pemilihan maupun Pilkada sangat kuat terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih serta menjaga demokrasi di bumi Srombotan Klungkung.

Semarapura, Partai Golkar Sabtu (17/12/2016) bertempat di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya Semarapura mengadakan Seminar Sehari Menyongsong Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 dengan mengahdirkan seluruh kader Kabupaten Klungkung, Pengurus Partai Politik, Anggota Fraksi di DPRD, Pengurus DPD I Provinsi Bali dan II. Ketua KPU Kabupaten Klungkung I Made Kariada yang didaulat sebagai pembicara dalam seminar tersebut menyampaikan materi tentang Undang – Undang serta Peraturan yang menyangkut Pemilihan Kepala Daerah serta Pemilihan Serentak untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Klungkung dengan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bali pada Bulan Juni 2018 mendatang. Dirinya menekankan bahwa pemilih menjadi komponen utama dalam pemilihan kepala daerah karena menetukan akan pilihan dan juga partisipasi pemilih demi keberhasilan demokrasi. Anggota KPU asal Jungutbatu ini juga memberikan pemahaman tentang pelaksanaan pendataan Pemilih nantinya yang berbasis KTP Elektronik sehingga menghimbau agar seluruh kader mendorong masyarakat secepatnya merekamkan identitasnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil jika sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah menikah.

Selain itu I Made Kariada juga menyampaikan mengenai syarat calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung untuk parpol atau gabunganparpol dengan 20 % kursi (minimal 6 kursi) atau 25 % suara pada saat pemilu tahun 2014 dan partai yang boleh mengajukan calon adalah yang memiliki kusi di DPRD. Selain itu Partai Politik juga penting untuk menyampaikan Keputusan Kepengurusan ke KPU RI karena nantinya untuk menverifikasi keabsahanya KPU Kabupaten akan melihat kepengurusan yang ada di web KPU RI. Hal baru yang sempat disampaikan mengenai gugatan Calon Bupati dan Wakil Bupati pada saat pencalonan jika ada untuk tahap I ke Panwaslih, Tahap II PT TUN, dan tahap III ke Mahkamah Agung, sedangkan untuk perselisihan hasil masih ke Mahkamah Konstitusi, tegasnya. Kini Pasangan Calon juga bisa membuat alat peraga kampanye dengan jumlah 150 % dari yang dibuat KPU sesuai dengan aturan yang berlaku serta untuk zone yang ditetapkan oleh KPU berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Selain KPU Kabupaten Klungkung tampak Sekretaris Badan Kesbangpollinmas Dewa Aswin memberikan materi pada Seminar sehari Kader Partai Golkar serta dilanjutkan Lomba Band.

Komentar