Peningkatan Peran dan Eksistensi Bakohumas KPU

  • 04 Mei 2021
  • 05:25 WITA

 

Semarapura, KPU RI dalam meningkatkan peran dan eksistensi Badan Koordinasi Kehumasan adakan Rapat Koordinasi melalui daring zoom meeting Selasa (4/5/2021) dengan peserta dari jajaran KPU RI, KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia. Rapat yang dibuka Ketua KPU RI Ilham Saputra ini menyampaikan perlunya ditingkatkan fungsi kehumasan,. Ide ide yang kreatif dalam publikasi di media utamanya media sosial. Setelah dibuka rapat koordinasi lanjut arahan beberapa Anggota KPU RI seperti Pramono Ubadi Tanthowi, Viryan Aziz, Arief Budiman intinya agar Humas lebih komunikatif, bisa memberikan citra lembaga yang baik, marketing atau pengemasan informasi, Digital Marketing Comunication, kecepatan penyampaian informasi yang terbuka, jujur kepada publik dan adanya two way information.

Divisi Sosialisasi dan Parmas Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai Narasumber menyampaikan mengenai Regulasi yang menaungi Bakohumas, peran PPID dan Bakohumas, pemanfaatan Media Sosial, Tujuan pembentukan Bakohumas, Literasi Digital di Indonesia. Dirinya berharap agar kedepannya Bakohumas bisa berperan aktif.

Materi dilanjutkan oleh plt Kepala Biro Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Sigit Joyowardono yang juga Ketua Pelaksana Bidang Diseminasi Bakohumas KPU RI menyampaikan terkait aspek peran kesekretariatan dalam Bakohumas, Bakohumas dan Visi Misi Pemerintah, tugas Bakohumas seperti informasi yang mudah dipahami masyarakat, Struktur Bakohumas, stakeholder, Peran Humas KPU utamnya dalam Penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, strategi harapan Bakohumas menjadi peran penyanpaian informasi yang lebih luas, membangun kesiapan dan koordinasi berjenjang di internal dan stakeholder terkait kepemiluan yang lebih efektif, kominten peningkatan SDM serta kesuksesan Pemilu fan peningkatan partisipasi masyarakat yang dipengaruhi dari arus infromasi kepemiluan yang baik, pisiitf, lengkap, transparan dirilis ke publik.

Bambang Gunawan Plt. Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik di Kementrian Kominfo memberikan materi Birokrasi dan Problematika Kehumasan Pemerintah di era digital, Penetrasi Media Sosial, pengguna medsos per Januari 2021, 170 juta pengguna dengan paling tinggi ada di yuotube, dengan usia 15-19 tahun. Gunawan juga menjelaskan paradigma Kehumasan Pemerintah, Tata Kelola Kehumasan, Kekuatan Bakohumas diera digital, kendala Bakohumas.

Pemateri selanjutnya Direktur Eksekutif Netgrit Ferry Kurnia Rzkiyansyah bahas berita berita, terkait Pemilu, Apresiasi memulihkan kepercayaan publik, catatan isu yang harus disikapi Humas, Penguatan Sistem Informasi dan SDM, PPID, kerjasama dengan LSM dan Media, Perilaku Elektoral yang sehat, tantangan kehumasan, pentingnya memahami proses kehumasan atau Publick Relation, Rekomendasi kinerja baik pembentukan opini publik, optimalisasi jaringan komunikasi, membangun sinergitas.

Pemateri terakhir Publik Speaking Kehumasan, Kepala Bidang Berita TVRI Endah Humas harus didukung tenaga profesional yang ahli dalam publik speaking, mampu memberikan infromasi yang menarik, meyakinkan publik, citra positif lembaga, menarik simpati publik, harus mampu berkomunikasi dengan baik, berpenampilan menarik, seni menyampaikan pesan agar bisa diterima. Endah juga menjelaskan mengenai bagaimana Komunikator yang menguasai pesan yang akan disampaikan sehingga publik bisa mendapatkan infromasi dengan gamblang utamanya saat ini adanya perkembangan media sosial, menguasai hal yang dilakukan lembaga, smiley face, menempatkan diri sebagai sahabat kepada audiens, pinter memanfaatkan teknologi infromasi,

Setelah pemaparan materi pertemuan dilanjutkan dengan diskusi atau tanyajawab yang berkaitan peran dan pembentukan Bakohumas. Untuk KPU Kabupaten Klungkung yang ikut dalam pertemuan daring ini Ketua I Gusti Lanang Mega Saskara, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Ida Bagus Nyoman Barwata, Sekretaris Wayan Putra Suijana, Kasubag Teknis Pemilu dan Hupmas I Nyoman Twina Oka dan staf Nyoman Budiastika. (putras)

Komentar